Pages

Ilmuwan Menemukan Coklat Dapat Mengurangi Resiko Stroke


Penelitian baru menunjukkan bahwa hanya memakan sepotong coklat dapat berefek langsung pada otak dan dapat mengurangi resiko stroke. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan makan coklat hitam dalam jumlah sedang sangat baik untuk Anda.




Studi terbaru dalam jurnal Neurology, menunjukkan untuk pertama kalinya bagaimana coklat mempengaruhi pembuluh darah. Para peneliti di Universitas Glasgow mengukur kecepatan darah yang mengalir melalui arteri terbesar dalam otak saat subjek berbaring dengan makan coklat. Mereka menemukan bahwa coklat memiliki efek pada karbondioksida yang mempengaruhi pembuluh darah, meningkatkan aliran darah yang akhirnya berdampak pada sel otak.

Profesor Matthew Walters, yang memimpin penelitian, mengatakan kepada The Mail pada hari Minggu: "Konsumsi cokelat yang normal dikaitkan dengan perubahan kekakuan pembuluh darah. Data kami konsisten dengan efek langsung dari cokelat di pembuluh darah otak. Ini menimbulkan kemungkinan bahwa ada efek langsung dari beberapa komponen coklat pada pembuluh darah. Hal ini masuk akal karena molekul flavonoid yang terkandung dalam coklat. Kami pikir penurunan resiko stroke dapat disebabkan oleh coklat yang mengubah cara kerja pembuluh darah otak."

Flavonoid yang bermanfaat, ditemukan di pabrik kakao dan lain-lain, merupakan antioksidan yang berkontribusi terhadap pencegahan penyakit jantung. Namun, cokelat juga memiliki gula tinggi dan kadar lemak yang dapat menyebabkan obesitas - faktor risiko pasti untuk stroke.

Tom Salomo, profesor Neurologi di Universitas Liverpool, mengatakan: "Kita harus mengambil temuan dengan hati-hati."

sumber : dailymail.uk

1 komentar: