Pages

Mengatasi Rambut Berminyak & Lepek

Femina RambutPenyebab:
  • Gangguan pada kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum berlebihan (minyak alami yang melumasi kulit kepala dan melindungi terhadap polusi). Akibatnya, sebum menumpuk, membuat rambut mengilap, berat, dan terasa lengket.
  • Faktor genetis.
  • Stres dan rasa cemas berlebihan.
  • Diet yang tidak seimbang.
  • Salah pemakai
    an produk rambut yang mengandung banyak minyak sehingga rambut jadi lepek.
Solusi:
  • Cuci rambut dengan air hangat, keramas seperti biasa dan akhiri dengan membilasnya dengan air dingin. Air hangat berguna untuk membuka pori dan menghilangkan minyak serta kotoran di rambut, sedangkan air dingin membuat pori tertutup kembali.
  • Hindari menggunakan conditioner pada kulit kepala. Usapkan hanya pada ujung-ujung helai rambut.
Gunakan dry shampoo atau bedak khusus rambut, bila tak sempat keramas. Sangat efektif untuk membuat helaian rambut yang berminyak menjadi lebih normal.

Sekalipun rambut Anda berminyak, tidak berarti Anda harus keramas hingga 2-3 kali dalam sehari.
Terlalu sering keramas akan mempengaruhi produksi sebum dan bahkan membuat kulit kepala serta rambut jadi sangat kering. Jika memang Anda jengah dengan rambut Anda yang terlalu berminyak dan mengganggu penampilan, maka ikuti saja beberapa tips berikut ini.

Tips 1:
Hindari shampoo yang di dalamnya terkandung banyak pelembab, pelembut, serta shampoo yang ditujukan untuk rambut keriting. Umumnya kandungan minyak dalam pelembabnya sangat tinggi, sehingga rambut akan mudah lepek setelah keramas.
Tips 2:
Cari shampoo yang labelnya volumizing, strengthening atau balancing. Umumnya shampoo tersebut lebih banyak mengandung air, dan berfungsi secara efektif untuk membersihkan minyak dan kotoran di kulit kepala.
Tips 3:
Pakai ramuan alami, semisal: lidah buaya, seledri, jeruk nipis untuk membantu merawat rambut dan kulit kepala. Dengan demikian, kandungan minyaknya dapat diimbangkan.
Tips 4:
Lebih baik gunakan sisir sikat yang memiliki ujung-ujung di setiap batangnya. Ujung-ujung bulat sikat rambut akan memijat dan memperlancar peredaran darah, serta membantu mengendalikan kadar minyak di kulit kepala.
Sekalipun memiliki jenis rambut berminyak, jangan abaikan kelembaban rambut ya. Tetap gunakan serum dan vitamin untuk batang rambut sehingga tetap lembab, lembut dan bersinar.


sumber1 & sumber2

0 komentar:

Posting Komentar