Pages

Bahan Alami Untuk Rambut Rusak

Rambut rusak umumnya disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah pemakaian zat kimia yang berlebihan pada rambut. akibatnya rambut menjadi kering dan rusak. Namun anda tidak perlu khawatir, karena kerusakan tersebut masih bisa diatasi dengan cara alami dan mudah. tidak perlu perawatan yang mahal atau ke salon, cukup dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan dan selain itu anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah.

Berikut ini cara memperbaiki rambut rusak dengan bahan-bahan alami :

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun membantu melembabkan rambut rusak.
cara menggunakannya: pijat secara pelan minyak zaitun di kulit kepala. tutup kepala dengan shower cap. selanjutnya diamkan selama 30 menit. bersihkan minyak dengan air dan shampo herbal lembut.



2. Campuran Minyak Esensial


Selain hanya menggunakan minyak zaitun, anda juga bisa mencampurkannya dengan minyak alami lainnya.
sebagai contoh, 1 ons minyak zaitun dapat dicampurkan dengan 30 tetes minyak rosemary. Caranya: kocok dengan cepat campuran minyak tersebut, kemudian oleskan ke rambut. selanjutnya diamkan 30 menit dan bilas bersih.
Sselain minyak rosemary, dapat juga menggunkan campuran minyak zaitun dengan minyak jojoba.
Khusus ibu hamil, jangan menggunakan minyak rosemary karena bisa menyebabkan efek buruk pada bayi.

3. Madu

Madu
merupakan salah satu bahan alami yang memiliki segudang manfaat. contohnya madu bermanfaat sebagai masker wajah maupun mengatasi rambut rusak.
Caranya: 1 sdm madu dicampur dengan 1 cup yogurt polos atau tanpa rasa, 1 sdm minyak almond, dan 1 sdm wheat germ, aduk rata. selanjutnya oleskan campuran tersebut ke rambut. diamkan 30 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Minyak Wijen

Caranya: campur 1 sdt irisan jahe dengan 1/2 cup minyak wijen. gosokkan campuran tersebut ke rambut. diamkan 10-15 menit. bilas dengan shampoo lembut.

5. Avokad

Campur 1/2 cup avokad yang dihaluskan denga 1/4 cup krim, sebutir telur dan 1 sdt minyak zaitun. aduk rata. oleskan di rambut dan tutup dengan shower cap dan diamkan selama 30 menit. bilas sampai berseih.
Selain dengan cara diatas, konsumsi makanan yang sehat untuk rambut juga perlu dilakukan untuk mengatasi kerusakan rambut. seperti makanan yang mengandung omega-3 (Salmon, sardin, mackerel) dan sayuran daun hijau tua.

0 komentar:

Posting Komentar